Translate

Cara-cara memetik senar pada gitar


Cara-cara memetik senar pada gitar


    Cara memetik gitar senar dapat di lakukan dengan:
1.Teknik apoyando
    apoyando (diambil dari bahasa spanyol) adalah teknik memetik gitar yang dilakukan dengan petikan jari yang geraknya berhenti ketika menyentuh dawai berikutnya di atas dawai yang sedang dipetik.

Nada-nada yang dipetik di dalam open string sebagai berikut:
  Senar 1 menunjukkan nada E=mi
  Senar 2 menunjukkan nada B=si
  Senar 3 menunjukkan nada G=sol
  Senar 4 menunjukkan nada D=re
  Senar 5 menunjukkan nada A=la
  Senar 6 menunjukkan nada E=mi

Untuk mendapatkan kemampuan teknik memetik yang baik maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan teknik petikkan apoyando pada senar 1 dengan menggunakan jari telunjuk (I) dan jari tengah (M) secara bergantian.Kemudian untuk langkah selanjutnya dilakukan petikkan dengan cara yang sama pada senar 2,senar3,dan seterusnya sampai lancar.

2.Tekndonik tira
    Tirando adalah teknik memetik gitar dengan jari dengan arah petikan menjauhi senar atau mangayun kebagian telapak tangan.Petikan tirando (tidak bersandar) dimana petikan ini dilakukan dengan cara memetik senar gitar kearah luar sampai senar berbunyi dan jari yang telah melakukan petikan tidak boleh menyentuh senar lainnya. Teknik ini digunakan untuk memainkan not ganda atau chord.

3.Rhythm strum (teknik kocokan)
    Rhythm strum digunakan untuk mengiringi lagu-lagu non klasik, seperti: pop,jazz,rock dan lain-lain. Jari yang biasa digunakan untuk rhythm strum biasanya semua jari, tapi untuk pertama kali sebaiknya menggunakan ibu jari (P) dan jari telunjuk (I) yang saling menyentuh. 

d.Penerapan dalam permainan gitar
     Ada dua jenis bagan,yaitu bagan vertikal(garis vertikal paling kanan adalah senar paling kecil) dan bagan horizontal(garis paling atas adalah senar paling kecil). Huruf romawi I sampai IV  dan seterusnya pada sisi fret menunjukkan nomor fret ke berapa dari leher gitar.
    Setiap fret pada setiap senar didefinisikan sebagai kenaikan nada setengah,contohnya pada senar G,nada yang ditimbulkan pada tiap fret yang ditekan dengan satu jari.

0 komentar:

Poskan Komentar